Awal Berbicara Di hadapan Banyak Orang

Diposting oleh Benny Imantria on Rabu, 24 Februari 2016

Alhamdulillah, puji syukur ku panjatkan kepada Allah SWT atas segala nikmatNya.
Hari ini aku mendapatkan pengalaman berharga. Apa itu? Aku sudah berani berbicara di hadapan banyak orang. Hahahaha..

Awalnya aku ditunjuk sebagai salah satu narasumber pada acara sosialisasi yang diselenggarakan kantor. Sempat terkejut. Kenapa harus aku? Padahal aku pikir masih ada pegawai lain yang lebih berkompeten untuk menyampaikan materi kepada satker. Apalagi sebelumnya aku juga belum pernah menjadi pembicara seperti itu. Tapi ya sudah, mungkin aku sudah dipercaya untuk dapat menjalankannya dengan baik.

benny imantria

Aku merupakan tipe orang yang agak canggung ketika berbicara di hadapan banyak orang. Apalagi harus berbicara di depan ratusan peserta saat sosialisasi waktu itu. Akan tetapi, bekerja di sebuah instansi yang bersifat pelayanan seperti KPPN tentu dibutuhkan keterampilan pelayanan prima yang baik. Selain menguasai materi, kita sebagai pegawai juga dituntut untuk dapat menyampaikan materi tersebut guna menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul pada satker. Jadi, aku pikir inilah momen yang pas bagiku untuk dapat melatih keterampilan berbicara dan mengajar dengan baik.

benny imantria

benny imantria

Bagaimana hasilnya? Alhamdulillah pada akhirnya berjalan dengan lancar. Awalnya sempat gugup. Itu pasti. Setelahnya? Semua serasa mengalir begitu saja. Apa yang ada di kepala, aku sampaikan semuanya, semuanya. Hahahaha..

Dari pengalaman sebagai narasumber ini setidaknya ada dua pelajaran yang dapat aku ambil. Pertama, berbicara di depan banyak orang membutuhkan keterampilan khusus. Untuk dapat menjadi pembicara yang baik, kita perlu bersikap tenang, percaya diri, empati, dan tentu menguasai materi yang disampaikan. Kedua, setiap orang mempunyai kemampuan menyerap materi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagai pembicara, kita harus memiliki pendekatan cara menyampaikan materi yang disesuaikan dengan kemampuan para pesertanya.

Semoga pengalaman menjadi narasumber ini dapat memberiku pelajaran untuk dapat lebih berani dan mumpuni ketika tampil dan berbicara di depan banyak orang. Aamiin..

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar