Nonton Film Bareng Di Kantor

Diposting oleh Benny Imantria on Minggu, 16 November 2014

Tarakan itu kotanya ramai. Bahkan kalau boleh aku ungkapkan, Tarakan itu seperti Singapuranya Kalimantan. Kenapa tidak? PADnya besar, kotanya bersih, ketertibannya bagus, dan sarana prasarananya mumpuni. Itu semua karena Tarakan adalah tempat transit bagi orang-orang yang hendak ke kabupaten lain di Kalimantan Utara sehingga pendapatan dari sektor jasanya begitu besar.

Tapi entah kenapa di tempat yang penuh uang ini tidak dibangun gedung bioskop. KFC? Ada. Swissbell Hotel? Ada. Tempat hiburan malam? Banyak. Swalayan? Ramayana. Apalagi?

Karena itulah untuk mengobati rasa kangen nonton film di bioskop dan untuk mempererat kekeluargaan di antara pegawai, aku sering mengadakan acara nonton film bareng di kantor setiap akhir pekan, entah itu Jumat malam atau Sabtu malam minggu.

Acara nonton bareng di kantor ini pun aku rasa cukup greget meski tidak banyak yang berpartisipasi. Itu karena didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup berkualitas. Dari segi kualitas film, aku selalu mengupayakan film hasil download di Ganool dengan kualitas BluRayRip 1080p. Meski ukuran filenya besar, satu film berdurasi 2,5 jam bisa berukuran 2 GB, tapi tampilan grafiknya benar-benar bening dan bening sekali. Mantap lah.  Untuk audio, kebetulan aku bawa Speaker aktif simbadda CST 2500N dengan output RMS 45W yang cukup bagus untuk menghasilkan suara bening dan menggelegar memenuhi ruang TLC KPPN Tarakan. Pada bagian visual, aku pinjam lcd proyektor milik kantor merk casio yang mampu menghasilkan video dengan kualitas sama beningnya dengan kualitas sumber.

perlengkapan nonton film bareng

Acara nonton film bareng ini biasanya hanya diikuti oleh beberapa orang saja. Biasanya pak ais kasi bank yang sering datang ke kantor di malam hari. Ada mas tri pegawai seksi pencairan dana yang sering nginap di kantor. Untuk pegawai honor, mas habel satpam kantor selalu ikut karena jadwal nonton bareng ini selalu aku agendakan setiap kali dia tugas. Kenapa? Karena masnya ini rupanya hobi nonton film, jadi enak lah ada teman yang nyambung. Kadang aku juga mengajak mas roy sopir kantor untuk ikut nonton film bareng-bareng. Pegawai lainnya? Setiap aku tawari mereka sering menolak. Hahaha..

Film yang kami tonton pun kebanyak film box office karena ada beberapa pertimbangan. Pertama karena film box office umumnya banyak diikuti oleh orang, sehingga masing-masing dari kami setidaknya tahu apa isi film yang ditonton. Kedua, aman dari adegan pornografi. Ketiga, ratingnya tinggi sehingga film tersebut memang berkualitas dan layak ditonton. Keempat, mudah dicari file film dan subtittlenya di internet. Genre filmnya pun aku batasi untuk genre film action dan science fiction. Kenapa? Karena kedua genre film itu mampu menghasilkan dentuman suara bass yang keras sehingga seolah-olah menyamai suasanya di bioskop. Selain itu, filmnya juga tidak membosankan layaknya film drama atau romance. Hahaha..